Ketua dan Sekretaris DPC PPP Kabupaten Sukabumi

Ketua dan Sekretaris DPC PPP Kabupaten Sukabumi
Dasep Surahman,S.Ag dan M. Almanfaluthi Hakiem, SH

Istiqomah Dijalan Konstitusi

Istiqomah Dijalan Konstitusi
Ketua dan Sekretaris DPC PPP Kabupaten Sukabumi Bersama Ketua Umum PPP H. Djan Faridz

Minggu, 15 April 2012

Lahan Pertanian Cicurug, Menyempit

CICURUG-Areal pertanian di Kecamatan Cicurug kian menyempit. Dari data tahun 2011 areal yang tersisa hanya 480 hektare untuk pesawahan. Padahal, 20 tahun silam luasnya mencapai 2000 hektare. Persoalan ini dikarenakan adanya pembangunan sejumlah areal perindustrian serta perumahan. Celakanya pembangunan dilakukan di daerah pedesaan yang status tanah produktivitas.

“Saat ini lahan pertanian khususnya pesawahan hanya tersisa 15 persen saja. Areal tersebut kini telah berubah fungsi menjadi daerah perumahan dan industri pabrik. Penyempitan lahan ini bukan tanpa bukti, salah satu contoh di Desa Pasawahan terdapat 100 Hektre yang kini tersisa hanya 10 Hektare saja,” ujar Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cicurug, Ujang Munajat kepada Radar.

Menurutnya, hal ini menjadi ancaman serius untuk ketahanan pangan nasional. Maka dari itu pemerintah mesti mengambil langkah  antisipasi. “Salah satu solusi yang bisa diambil yakni lahan pertanian abadi, sesuai dengan Undang Undang 41 Tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan. ” katanya.

Munajat mengusulkan dalam pembahasan RDTR saat ini di tuangkan penetapan lokasi yang dapat dijadikan Lahan Pertanian Abadi. Dengan adanya RDTR dan RTRW diharapkan pembangunan tidak ada yang melabrak peraturan.”Sebab belum tegasnya penerapan RDTR ini yang menjadi penyebab alih fungsi lahan pertanian ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk menahan pembangunan industi sangatlah tidak mungkin. Sebab, ada terdorong laju kebutuhan. Tetapi sebagai solusi  industri yang berdiri mesti sesuai dengan potensi wilayah yakni agribisnis.”Sementara areal perumahan diharapkan tidak dibangun diatas lahan pertanian yang produktivitas,” tandasnya. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=8866

Tidak ada komentar:

Posting Komentar